Rabu, 23 Januari 2008

Setelah Pendet, Kuda Lumping pun Diklaim Malaysia

Diposting oleh admin di 19.53

Liputan6.com, Jakarta: Lagi, negeri tetangga Malaysia membuat ulah. Setelah mengklaim tari Pendet sebagai milik mereka, kini giliran tarian Kuda Lumping yang diakui sebagai kesenian khas Negeri Jiran. Padahal jelas, tarian menggunakan replika kuda dari anyaman bambu ini adalah kesenian khas Jawa Timur. Sebelum ini, Malaysia juga telah "mencuri" Reog Ponorogo dan lagu Rasa Sayange


http://i297.photobucket.com/albums/mm238/suarawarga/19kuda_lumping_thumb_thumb2.jpg

Hal ini jelas menimbulkan reaksi dari kalangan budayawan dan seniman. Mereka mengaku geram atas tindakan Malaysia yang kerap kali mengklaim sejumlah kesenian Indonesia. Menanggapi hal ini, Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda mengatakan, jangan terlalu cepat terpancing emosi karena hal ini. Ia menambahkan klaim Malaysia ini tidak seharusnya terjadi.


http://kluwan.files.wordpress.com/2012/01/kuda-lumping.jpg

Negeri tetangga lebih menghargai kesenian Indonesia, bahkan selalu ingin memilikinya. Tidakkah hati kita terusik oleh hal ini? Masyarakat seharusnya bisa lebih menyadari dan berusaha untuk menjaga kelestarian budaya nusantara. Selengkapnya simak video berikut.(WIL/AND)



Sumber: liputan6.com

www.pbb-palestina.blogspot.com
 

Copyright © 2011 Pbb Palestina | Design by Kenga Ads-template