Selasa, 15 Januari 2008

Horseshoe Crab

Diposting oleh admin di 22.50

Mimi atau dikenal juga sebagai Belangkas ialah sejenis hewan yang hidup di laut asin dan sedikit di paya-paya air tawar. hwean ini juga termasuk hewan purbakala lho.. Belangkas mudah ditangkap di tepi-tepi pantai kerana tidak menggigit. Belangkas termasuk dalam famili Limulidae. Nama ilmiah belangkas yang hidup di pinggir pantai adalah tachypleus gigas dan yang ditemui di kawasan paya adalah carcinoscorpius rotundicauda.

http://beachchairscientist.files.wordpress.com/2012/07/horseshoe-crab.jpg

http://www.ceoe.udel.edu/horseshoecrab/History/images/newHcrabs4.jpg
http://www.nmfs.vt.edu/img/Horse_shoe_crabs_b.jpg
http://www.no-pest.com/HorseshoeCrab4.jpg

Hewan ini merupakan artropod laut yang bentuk badannya mirip 'ketopong besi' tentara dan juga mempunyai ekor yang panjang dan tajam. Ukurannya bisa mencapai hingga 51 cm (20 inci). Bila bagian anggota tubuhnya putus bisa tumbuh seperti semula dan ia juga mempunyai sistem kekebalan yang menakjubkan. Ada peribahasa dalam masyarakat Jawa iaitu 'mimi-lan-mintuno' yang berarti cinta sejati dimana satu lelaki dan satu perempuan selalu bergerak bersama-sama ke mana saja. Kita akan temui belangkas di laut dangkal dalam keadaan berpasangan yaitu seekor jantan dan seekor betina.

http://www.no-pest.com/HorseshoeCrab1.jpg
http://www.delmarvaodyssey.com/images/Horseshoe_Crab_1a.jpg
http://www.tbep.org/pics/featured_creature/horseshoecrab.jpg

tubuh belangkas boleh digunakan untuk mematikan virus, bakteria dan toksin. Serum anti-toksin menggunakan belangkas telah berkembang di Eropa, Amerika Serikat, Jepangn dan Asia Barat sejak 1988. Daging dan telur belangkas bisa dikonsumsi oleh kaum Muslim. Masyarakat Melayu di Kota Tinggi, Johor (Malaysia) menyediakan masakan asam pedas dan sambal tumis belangkas.

http://images.teamsugar.com/files/upl1/25/258143/17_2008/33-28-HorseshoeCrabs%5B1%5D.preview.jpg
http://nintharticle.com/horseshoecrab.jpg
http://www.oar.noaa.gov/spotlite/archive/images/hcrabs.jpg

Ia juga boleh disantap dengan hanya memanggang atau membakar saja. Namun di dalam belangkas terdapat sejenis racun yang bisa menimbulkan efek pusing (pening) yang biasanya dikenali sebagai MABUK. Hanya bagian tertentu saja boleh dimakan dan hanya seorang yang sudah terbiasa dan ahli saja yang mengetahui cara menyajikan makanan laut dari belangkas ini.

Sumber: http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/2012/09/horseshoe-crab.html


www.pbb-palestina.blogspot.com
 

Copyright © 2011 Pbb Palestina | Design by Kenga Ads-template