Senin, 07 Januari 2008

Gletser Fenomena Alam Yang Indah

Diposting oleh admin di 19.09

Gletser atau glasier atau glesyer adalah sebuah bongkahan es yang besar yang terbentuk di atas permukaan tanah yang merupakan akumulasi endapan salju yang membatu selama kurun waktu yang lama. Saat ini, es abadi menutupi sekitar 10% daratan yang ada di bumi. Meskipun banyak orang yang mengira gletser selalu ada di daerah kutub, sesungguhnya mereka juga bisa berada di daerah pegunungan tinggi di seluruh benua, kecuali Australia, bahkan juga terdapat di pegunungan tinggi di daerah dekat khatulistiwa.

http://www.travelvivi.com/wp-content/uploads/2012/07/Franz-Josef-Glacier.jpg

http://www.brownbearsw.com/photos/pws/glacier2.jpg

Gletser terjadi di mulai pada lereng pergunungan yang berbentuk cekungan yang di sebut dengan sirka (cirque). Gletser terbentuk ketika salju segar turun, setelah mengendap udara yang terperangkap di antara serpihan salju terdorong keluar sehingga terjadi keping salju padat yang di sebut dengan firn.

http://www.epa.gov/EarthDay/wallpaper/images/glacier1.jpg
http://www.indonesiaindonesia.com/imagehosting/images/19019/1_muller-glacier-1280-960.jpg

Saat salju semakin banyak turun di puncak pegunungan, firn akan terpadatkan menjadi es gletser. Bebatuan (till) yang jatuh dari puncak gunung pun akan ikut terbawa oleh gletser ini. Di daerah yang curam es terpecah menjadi rekahan-rekahan yang berbentuk baji (crevasse).

http://www.gonomad.com/gallery/westhoff/argentina-glacier.jpg
http://www.brownbearsw.com/photos/pws2004/glacier1024.jpg

Di ujungnya gletser mencair dan membentuk aliran sungai yang mengalir ke bawah pegunungan. Karena gletser berisi dari berbagai macam zat seperti bebatuan , salju dan sedimen, sehingga saat gletser meluncur ke bawah akan merubah kontur dari pegunungan.

Sumber: http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/2012/09/gletser-fenomena-alam-yang-indah.html

www.pbb-palestina.blogspot.com
 

Copyright © 2011 Pbb Palestina | Design by Kenga Ads-template